Dasar-dasar membangun halaman web Dasar-dasar membangun halaman web | isMediaNet

Sabtu, 02 Juli 2011

Dasar-dasar membangun halaman web



Praktek Pembuatan web dengan notepad


Cara Menyimpan File Menyimpan File Script
Tahap-tahap untuk  menyimpan file setelah temen-temen mengetik script-script HTML




  1. Click tombol “File” pada taskbar notepad, kemudian pilih “Save”.

  2. Pada field isian nama file (filename) , ketikkan namafile.html (contoh: latihan1.html)

  3. Cobalah dengan membuka browser (IE, mozila, atau google chrom sesuai yang dimiliki temen-temen)

  4. Click pada menu "File .."

  5. Pilih pada option "Open .." carilah file yang telah Anda buat(arahkan ke tempat penyimpanan file yang telah dibuat dari notepad)

  6. Lihatlah apa yang terjadi atau temen-temen juga langsung bisa membuka file hasil dari notepad tadi tanpa harus membuka browser terlebih dahulu dengan langsung membukadari folder penyimpanan file yang telah dirubah ekstensinya menjadi HTML, secara automatis akan terbukaemalui browser default temen-temen


Cara Mengedit File Script
Saat ini anda telah membuka dan menampilkan hasil kerja anda dalam suatu web browser, sekarang anda dapat melanjutkan pekerjaan anda dengan menambahkan dan mengedit file html tersebut, kemudian menyimpan hasil perubahan tersebut dan lalu menampilkan hasil perubahan file itu. Anda akan lebih produktif jika anda belum menutup web browser anda; cukup hanya dengan me-minimize web browser dan melanjutkan pekerjaan anda. Ketika anda ingin menampilkan hasil kerja anda yang sudah diedit:




  1.  simpan hasil perubahan file html anda

  2. pindah ke aplikasi web browser

  3. Pada Ms Internet Explorer tekan tombol "REFRESH"


Web Browser akan me-load dokumen yang sama tapi dengan revisi baru tadi. Proses ini adalah siklus Edit, Save, dan View.


Dasar-Dasar HTML
HTTP (hypertext transfer protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer dokumen-dokumen web yang ditulis atau berformat HTML (Hypertext Markup Language). Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk ’memperindah’ file teks biasa untuk ditampilkan pada program web browser. Hal ini dilakukan dengan menambahkan elemen atau sering disebut sebagai tag-tag pada file teks biasa tersebut. Tag HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan ditandai dengan simbol lebih besar (<) dan (>). Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan simbol garis miring (/). Misalnya pasangan dari tag <contoh> adalah </contoh>. Dalam hal ini <contoh> kita sebut sebagai elemen dan biasanya dalam suatu elemen terdapat atribut-atribut untuk mengatur elemen itu. Jadi misalnya elemen <contoh> bila ditulis dengan atributnya adalah sebagai berikut: <contoh atribut1=”nilai_atribut1” atribut2=” nilai_atribut2” … >. Dalam penulisan tag HTML tidaklah case sensitive artinya penggunaan huruf kecil ataupun kapital tidaklah menjadi masalah


Struktur Dasar Dokumen HTML
Setiap dokumen HTML memiliki struktur dasar atau susunan file sebagai beriku










<html>
<head>
<title>teks pada title bar web browser</title>
</head>
<body>
Berisi tentang text, gambar, atau apapun yang
tampil pada dokumen web.
</body>
</html>



Seperti terlihat, struktur file HTML diawali dengan sebuah tag <html> dan ditutup dengan tag </html>. Di dalam tag ini terdapat dua buah bagian besar, yaitu yang diapit oleh tag <head> ... </head> dan tag <body> ... </body>. Bagian yang diapit oleh tag HEAD merupakan header dari halaman HTML dan tidak ditampilkan pada browser. Bagian ini berisi tag-tag header seperti <title> ... </title> yang berfungsi untuk mengeluarkan judul pada title bar window web browser. Bagian kedua, yang diapit oleh tag BODY merupakan bagian yang akan ditampilkan pada halaman web browser nantinya. Pada bagian ini Anda akan menuliskan semua jenis informasi berupa teks dengan bermacam format maupun gambar yang ingin Anda sampaikan pada pengguna nantinya.


Ok selamat mencoba temen-temen


Dikutip dari "Pemrograman INternet Dasar karya Bimo Sunarfri Hantono"

0 komentar:

Posting Komentar